Rafting ( Arung Jeram)

Arung jeram bogor

Rafting | Arung jeram

Rafting atau juga orang menyebutnya arung jeram, mengarungi sungai dengan mengunakan peraharyu karat denagn di pandu seorang rafter atau skipper ( Pemandu)  sangat mengasikan karena bias memcu ardernalina kita seberapa jauh kita bias memaksimalkan dirikita dalam keadaan yang tidak nyaman, didalam kondisi seperti itu kita harus pintar mengendalikan diri di setiap induvidu karana didalam perahu kita harus di tuntut kerjasama demngan team, komunikasi pemecahan msalah serta  bersenergy, terutama dengan mematuhi arah dari leader /pemadu karena arung jeram merupakan olah raga yang penuh efek ( high risk sport ).
Seiring  dengan berjalan waktu bayak kita jumpai sungai-sungai  yang sudah dapat untuk melakukan pengarung terutama didekat Jakarta seperti sungai di bogor ada 2 sungai yang bisa dilakukan untuk berarung jeram sungai kali baru dan sungai cisadane serta di sukabumi sungai citarik dan citatih /cicatih  dari setiap sungai mempunyai tingkat jeram yang berbeda  rata-rata  grade 2- 5 tingkat  kesulitannya.

Perlengkapan Rafting :

  1. Perahu karet (inflatable raft) yang dibuat dari bahan karet sintetis sehingga kuat dan elastic yang bertujuan menahan goresan dari serta benturan benturan batu-batu sungai, pada umumya satu parahu karet bisa untuk 6 orang
  2. Dayung  sebagai alat mengkayuh pada rafting bisa terbuat dari gabungan fiberglass dan alumunium untuk ukurannya bisa standar internasional 5-5,5 kaki
  3. Pompa serta peralatan reparasi pompa yang dipakai untuk isi tabung- tabung hawa perahu mesti senantiasa dibawa pada waktu mengarungi sungai. karena perihal itu untuk melindungi apabila hawa dalam tabung-tabung itu menyusut / kempes. ditujukan dengan peralatan reparasi terkait dengan reparasi pompa serta perahu ( dikarenakan sobek, berlubang dan sebagainya )
  4. Tali perahu karet dilengkapi tali type karmantle selama 40 mtr. yang dipakai sebagai : tumpuan kaki, pengaman awak perahu serta tali perioder.

perlengkapan pribadi

  1. Pelampung  type pelampung yang baik serta benar untuk arung jeram yaitu pelampung yang sesuai dengan ukuran postur tubuh, diisi gabus tidak tipis ( bisa berperan sebagai penahan benturan pada benda keras ). kelayakan bisa dilihat dari kualifikasi teruji dalam perihal daya apung untuk berat maksimalnya. untuk kemungkinan menghadapi situasi darurat, butuh dipertimbangkan mengenai pemakaian pelampung dengan tambahan dibagian belakang kepala, supaya kepala terus terapung tengadah, jika saat tidak sadarkan diri. untuk melindungi supaya pelampung tidak naik atau mencuat ke atas waktu dipergunakan, maka sisi bawah pelampung bisa diikat ke pangkal paha atau sisi badan yang lain yang sangat mungkin.
  2. Pakaian  yang digunakan  untuk berarung jeram yaitu pakaian yang sangat leluasa dalam bergerak. dan senyaman mungkin karwna dapat mengarug dalam gerakan
  3. sepatu bermafaat untuk  perlindungan kaki dari kemungkinan terluka, pakai type sepatu yang bisa membuat perlindungan mata kaki, tetapi pergelangan kaki bisa terus bergerak bebas, dan ringan untuk berenang.
  4. helm ( pelindung kepala ) mengarungi sungai berjeram dengan letak bebatuan yang tidak teratur atau sungai dengan derajat kesusahan yang tinggi, helm mutlak dipakai. Bertujuan membuat perlindungan kepala dari kemungkinan benturan benda keras. helm yang baik mesti mudah, tahan air serta tidak mengganggu pandangan ataupun gerakan.

 

good luck and hopefully get a new………………….

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*